PT Perta-Samtan Gas | Kegiatan Ramadan 1438 H / 2017
6536
post-template-default,single,single-post,postid-6536,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,boxed,,qode-title-hidden,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,wpb-js-composer js-comp-ver-5.1.1,vc_responsive

Kegiatan Ramadan 1438 H / 2017

Bulan Muharam memiliki banyak keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah. Pada bulan ini, tepatnya 10 Muharram, Allah menyelamatkan Nabi Musa as dan Bani Israil dari kejaran Fir’aun. Mereka memuliakannya dengan berpuasa. Kemudian Rosulullah SAW menetapkan puasa pada tanggal 10 Muharram sebagai rasa syukur atas pertolongan Allah.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Karena di bulan Ramadhan, kita tidak hanya akan mendapat pahala dari amalan kita sendiri tapi juga bisa melipatgandaknnya dengan cara beramal untuk orang lain. Dalam berbagai riwayat yang disebutkan, Rasulullah SAW melakukan kebiasaan bersedekah di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, akan senantiasa lebih bermanfaat jika kita mengisi bulan ini dengan kegiatan yang positif. Salah satunya yaitu mengisi amaliyah Ramadhan dengan diadakanya kegiatan bakti social. Seperti kita ketahui bahwasanya momentum berbuka puasa bersama itu jarang kita temui selain dibulan yang suci ini, oleh karena itu PT. Perta-Samtan Gas menyelenggarakan acara buka puasa, santunan anak yatim/piatu, dan pemberian bantuan berupa penampungan air yang bertujuan untuk berbagi kebahagian dengan mereka yang membutuhkan dan meningkatkan fasilitas tempat peribadatan.

Dasar Kegiatan

  1. Menyantuni fakir miskin merupakan kewajiban kaum muslim. Dan orang yang mengabaikannya dianggap sebagai pendusta agama. Dan diancam dengan azab neraka (QS Al Ma’un : 1-2) dan (QS Ad Dhuha : 9-11),
  2. Al-baqoroh Ayat 183 yang berbunyi a�?Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,a�?
  3. Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk membangkitkan semangat berzakat, berinfaq dan bershodaqoh. Diantaranya dengan memberi santunan kepada anak yatim/piatu, fakir miskin, dan dhuafa,
  4. Barang siapa yang meberi makan orang yang berpuasa maka dia mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun (HR. Tirmidzi).

Tujuan Kegiatan

  1. Menumbuhkan kecintaan pada bulan suci Ramdhan serta mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat,
  2. Memberi perhatian kepada anak yatim/piatu dan kaum dhuafa sehingga dapat bergembira dalam menyambut hari raya idul fitri,
  3. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt, serta meningkatkan ukhuwah islamiyah kepada sesama kaum muslim,
  4. Menjadikan Ramadhan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian social.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan dilakukan selama bulan Juni (bulan Ramadhan) di sekitar wilayah operasi PT. Perta-Samtan Gas Kilang Ekstraksi, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Bentuk Kegiatan

1. Buka Puasa Bersama 1438 H/ 2017 M

Lokasi             : Restauran Kampung Cemara

Waktu              : 15 Juni 2017

Dokumentasi   :

2. Anjangsana Panti Asuhan di Bulan Ramadan 1438 H

PT Perta-Samtan Gas Kilang Ekstraksi Prabumulih melakukan beberapa kegiatan di bulan suci Ramadan diantara nya melakukan anjang sana Panti Asuhan. Untuk kegiatan anjangsana Panti Asuhan di Bulan Ramadan 1438H Panti Asuhan Yayasan Wahdini yang menerima bantuan berupa paket sembako untuk membantu anak-anak panti yang berada di Jalan M Yusuf Wahid di wilayah Sukajadi Prabumulih Timur

Lokasi                         : Yayasan Yatim Piatu Wahdini

Waktu                          : 21 Juni 2017

Bentuk bantuan           : Sembilan bahan pokok (sembako)

Dokumentasi               :

3. Bantuan Tempat Penampungan Air ke Masjid Al Mukmin

Untuk mewujudkan sarana penunjang air bersih untuk berwudhu dan penunjang kegiatan masjid. PT Perta-Samtan Gas Kilang Ekstraksi memberikan bantuan berupa drum penampung air yaitu Tedmon 2200 liter ke Masjid Al-Mukmin di Jalan Anggrek RT 01 RW 02 Muara Tiga Kelurahan Anak Petai Prabumulih Utara.

Dalam Program CSR PT Perta-Samtan Gas sangat memperdulikan dan memperhatikan keperluan atau kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan guna mendorong kesejahteraan bagi masyarakat.

Lokasi                         : Masjid Al Mukmin

Waktu                          : 22 Juni 2017

Bentuk bantuan           : Penampungan air (2200 liter)

Dokumentasi               :

 

Tags: